Hosting Murah

Senin, 12 Maret 2012

Belajar Twitter

Hari gini ga bisa pake twitter.. ?? Kasian amat lu.. haha :p
Oke untuk yang ini q mau nagsih tau gimana caranya pake twitter.. Ini beberapa yang lalu juga ada salah satu temenku yang nanya gimana main twitter. hehe oke langsung tancap gas saja.. :D monngo di simak..

Yang namanya twitter sebenarnya emang udah ga baru lagi dan udah banyak yang make, banyak banget malah. Tapi, meskipun udah banyak yang make, masih ada yang ga bisa mainya. Saya agak sedih juga ngeliat orang yang udah bikin akun Twitter, tapi ga di pake karena ga tau cara mainya. Apakah sebenarnya mereka sahabatnya tarzan? atau keturunan Mak Lampir? Atau malah anak pembantunya Nyi Roro Kidul? Oh saya tidak tau menau soal itu.. hahaa

Makanya posting hari ni saya bakalan ngebahas ‘BAGAIMANA CARA MENGGUNAKAN TWITTER’ atau ‘HOW TO USE TWITTER’ atau ‘KEPIE CARANE NGANGGO TWITTER’ dan ini buat yang belum bisa main twitter :

1. Cara Ngetweet
Kalo ini gue yakin, smua pasti udah bisa. Nenek-nenek salto aja bisa.

2. Mention
Nah, kalo mention ini samacam cara menghubungi teman kita. Caranya tinggal tulis @. Misal kalian mau bilang ‘pitrex, kamu cakep banget deh!’ caranya tinggal tulis ‘@AnandaDimazz pitrex, kamu cakep banget deh!’

3. RT (Retweet)
Ini adalah bagian yang paling membingungkan buat para pemula, bahkan saya juga dulu bingung. Apa sih RT itu? RT adalah kependekan dari Retweet yang artinya mengulang. Jadi jika ada teman yang mention, lo tinggal nulis jawaban lo RT @<id temen lo> <tweet temen lo>. Misal gue mau bales tweet lo yang ‘@AnandaDimazz pitrex, kamu cakep banget deh!’ maka jika gue mau bilang ‘Emang, Baru tau?’ gue harus nulis ‘Emang, baru tau? RT @elo @AnandaDimazz pitrex, kamu cakep banget deh!’ Masih ga ngarti? ini contoh lagi:
saya nulis : aku galau..
cara bales :
kebetulan kakek gue lagi sendirian,tolong ditemenin yah? RT @AnandaDimazz:  aku galau..
atau gue nulis : ih laper :(
cara bales :
sini dek, disini ada muntahan kucing RT @AnandaDimazz: ih laper :(

Masih ga ngerti juga? yah kasian amat luh :(


4. Replice
Biasanya ditandai dengan simbol @ diatas tweet seseorang. Sama halnya dengan RT, replice merupakan salah satu cara membalas tweet orang lain, dengan cara yang lebih praktis, alias tidak perlu mengulang tweet orang seperti RT. Tinggal klik simbol @ dan kamu akan diarahkan ke replice kolom dan tulis balasan kamu pada orang lain. Tweet replies, biasanya ada tulisan (see replied) dibawahnya. Kalo diklik akan menuju ketweet orang yang kamu balas. Ga ngerti lagi?
Misal saya nulis: Aku ingin terbang!
Lo bales lewat replice: @AnandaDimazz terbang aja sono, gue ga peduli (see replied)
Dan kalo see repliednya diklik, akan terbuka tweet gue yang ‘aku ingin terbang’.
Ga ngerti? Coba aja sendiri, praktek jauh lebih asik dari kata-kata. Well, jadi RT bukan satu-satunya cara, lebih baik pake repliece, cuman kalo emang mau membagikan tweet orang yang kamu balas, pake RT juga ga masalah. Bebas.

5. Hastag
Hastag adalah semacam link untuk mengubungkan kita ke orang lain yang kebetulan tema tweetnya sama kaya kita. Contoh hastag adalah #fakirasmara. Jadi hastag selalu di awali dengan # dan kata di belakangnya tidak menggunakan spasi (nyambung). Contoh tweet berhastag: Malam minggu cuma nonton tipi doang. Resmi deh jadi jomblo #fakirasmara

6. Aplikasi Pendukung Jaringan Twitter
Ngetweet cuma lewat twitter.com jaman sekarang udah jadul abis. Why? Because sekarang udah banyak aplikasi pendukung twitter yang fasilitasnya lebih lengkap (udah bisa Mention dan RT otomatis) dan juga lebih mudah diakses di ponsel. Contoh aplikasi pendukung twitter adalah m.tweete.net, tuitwit, writelonger, twiterouscitcuittwitmania.

Selain itu, ada juga aplikasi kusus untuk beberapa broswer komputer seperti firefox dan google chrome. Kalo firefox, ada echofon, cari aja di google. Nah kalo google chrome, ada banyak tapi gue paling suka pake chromed bird, bisa upload foto juga soalnya. Kalo mau cari, tinggal masukan keyword ‘google chrome ekstensi’ dan di halaman ekstensi pilih menu sosial.

Gitu aja deh, semoga posting kali ini mmabantu kalian yang belum bisa main twitter. Lumayan lah biar ga di kira Keturunan Mak Lampir Atau anak Pembantunya Nyi Roro Kidul :D

0 komentar:

Posting Komentar